Social Icons

Kamis, 08 September 2016

Download Software Cara Check SC shutter count Camera Canon, Nikon

 

Cara Cek Shutter Count (SC) DSLR dan Umur DSLR Anda 

 

Apa itu SC (Shutter Count)?

Shutter Count adalah jumlah berapa banyak shutter button (tombol rana) pada kamera telah di tekan atau dengan kata lain adalah jumlah foto yang telah dihasilkan oleh kamera. Jumlah ini sangat penting untuk kita ketahui untuk memperkirakan umur suatu kamera, terlebih saat ingin membeli kamera bekas pakai. Di situs jual beli ebay, shutter count dikenal dengan istilah actuations yang menjadi semacam terms yang biasanya dicantumkan penjual kamera second sebagai informasi kondisi kamera tersebut.
Contoh kamera "jepretan" dari kamera Digital SLR. Seperti Canon 650D,, Nikon D5200, atau sejenisnya yang lain.standarnya camdig biasa sih 9999 jepretan.. habis tu si kamera akan ngambek dan nggak mau shut lagi.. yang rusak bukan bodynya, tapi sensor kamera yang sudah saatnya pensiun.
Tetapi ada beberapa fotografer yang tidak mengetahui sampai dimanakah batas / umur SC (Shutter Count) tersebut ?!
Mengetahui jumlah “Shutter Count” sangatlah penting bagi anda yang mempunyai kamera digital karena dengan mengetahui berapa “Shutter Count” dari kamera anda maka anda akan mengetahui pula umur dari kamera anda tersebut. Kok Bisa? Apa hubungannya jumlah foto yang di jepret dengan umur sebuah kamera ? bukankah kamera sudah dilengkapi dengan memory card yang nantinya gambar dari memory card tersebut akan di pindahkan ke PC dan kita bisa mengambil foto lagi dengan menggunakan memory card yang sudah kosong.

Setiap vendor kamera, baik itu Nikon, Canon, Sony, Olympus, Fuji, Pentax dan lain menerapkan teknologi dimana “Shutter Count” atau jumlah jepret kamera mempunyai ambang batas. Ini dikarenakan adanya komponen yang aus pada shutter kamera tersebut. Jadi jangan dikira kamera yang anda dan saya pakai akan selamanya bisa dipakai dengan cara menghapus file foto yang ada di memory card. Kalo “Shutter Count” suatu kamera sudah mendekati ambang batasnya biasanya ditandai dengan ketidak nyamanan pada saat kamera akan digunakan. Diantaranya adalah shutter sering macet. Berapa ambang batas untuk kamera digital yang beredar dipasaran? Saat ini tidak ada klaim yang pasti tentang hal ini. Hanya perkiraan dari vendor saja yang kadang kita dengar dan ikuti. Sebagai contoh kamera Nikon dan Canon mengklaim ambang batas “Shutter Count” dari produk mereka adalah 100.000 kali Shutter. Ini terjadi karena sering jika “Shutter Count” mencapai atau mendekati angka 100.000 ketidak nyamanan (shutternya ngadat) sering terjadi.

Sekarang bagaimana cara kita mengetahui jumlah “Shutter Count” kamera yang kita pakai ?
Bagaimana cara cek jumlah Shutter Count pada kamera DSLR?
 
CARA CEK SC BERDASARKAN MERK :
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Vini


Vidi

Vici